BELAJAR DARI ANAK KECIL
Bismillahir rohmanir rohim
Salam Akselerasi !!
Apa kabar sobat LENSA ??
Ramadhan beberapa menit lagi akan berlalu, dan kemudian akan dilanjutkan Hari Raya Idul Fithri dan tentunya setelah itu kuliah kembali aktif. “Yah kuliah lagi kuliah lagi. . .”  Mungkin kalimat ini yang sering muncul dibenak kita. Entah karena apa, tapi memang tidak dapat dipungkiri, kuliah memang melelahkan. Tugas ini dan itu yang membuat sebagian kita merasa jenuh,letih dan lelah. Ya mungkin karena akifitas kita yang agak padat selama satu hari penuh. Kegiatan yang padat dari pagi sampai sore bahkan malampun ada tugas lembur.
Itulah mahasiswa
Itulah kuliah
Dan itulah yang sebagian besar dirasakan banyak orang.
Lelah
Letih
Jenuh
            Tapi nanti dulu, jangan mengeluh terus-terusan. Kegiatan kita yang begitu padat bisa kok dibuat santai dan menyenangkan. Mau tahu gimana caranya??
Yuks dibaca terus artikelnya sampai habis..
            Sobat LENSA pernahkah kalian memperhatikan anak kecil? Ya anak kecil, anak kecil yang dapat kita jumpai disekitar kita. Kita dulupun pernah kecil. Kalau kita lihat anak-anak kecil, mereka berakifias sehari penuh sama seperti kita. Bahkan terkadang malampun mereka tetap akif. Ya akif bermain. Tetapi mereka tidak pernah mengeluh letih, lelah ataupun jenuh. Mereka selalu menikmati setiap aktifitas mereka itulah yang menyebabkan mereka tetap santai dan merasa senang dalam setiap akifitas. Ya “NIKMATI AKTIFITAS”. Itulah kuncinya.
Kitapun bisa seperti mereka, tetap santai dan selalu merasa senang walaupun tugas dan akifitas yang begitu padat. Kuncinya sama “NIKMATI AKTIFITAS”. Tahu kenapa kita harus menikmati aktifitas?? Yuks kita lanjutkan !!
Seperti yang kita tahu, Otak Kita mengendalikan semua fungsi tubuh Kita termasuk yang mengatur perasaan kita. Otak merupakan pusat dari keseluruhan tubuh Kita. Jika otak sehat, maka akan mendorong kesehatan tubuh serta menunjang kesehatan mental Kita. Sebaliknya, apabila otak terganggu, maka kesehatan tubuh dan mental Kita bisa ikut terganggu.
Dan secara garis besar otak manusia dibagi menjadi empat bagian yaitu : Cerebrum (Otak Besar), Cerebellum (Otak Kecil), Brainstem (Batang Otak dan Limbic System (Sistem Limbik). Yang setiap bagian itu mempunyai fungsi yang amat penting. Dan disini kita akan mencoba membahas Limbic System (Sistem Limbik).
Sistem limbik terletak di bagian tengah otak, membungkus batang otak ibarat kerah baju. Limbik berasal dari bahasa latin yang berarti kerah. Bagian otak ini sama dimiliki juga oleh hewan mamalia sehingga sering disebut dengan otak mamalia. Komponen limbik antara lain hipotalamus, thalamus, amigdala, hipocampus dan korteks limbik. Sistem limbik berfungsi MENGHASILKAN PERASAAN, mengatur produksi hormon, memelihara homeostasis, rasa haus, rasa lapar, dorongan seks, PUSAT RASA SENANG, metabolisme dan juga memori jangka panjang
Menurut para ahli, ketika kita berfikir dan mensugestikan pada diri kita perasaan senang, semangat, dan santai maka seluruh organ tubuh kitapun akan merespon dan beraktifitas lebih baik. Dan sebaliknya ketika kita mensugestikan rasa jenuh,sumpek, bete maka tubuhpun akan merespon demikian, sehingga kita lebih cepat merasa lelah, dan kehilangan semangat. Sisem Limbik lah yang mengatur semua itu. Hal ini juga dapat dibuktikan ketika kita berpuasa. Saat kita tidak sedang berpuasa, lambung akan memproduksi zat asam untuk menghancurkan makanan, dan jika didalam lambung tidak ada makanan, maka zat asam akan menyerang lambung, itu sebabnya kita tidak boleh telat makan. Tetapi berbeda saat kita berpuasa, saat kita mensugestikan dan berniat puasa, seluruh organ tubuhpun akan meresponnya sehingga produksi zat asam dalam lambungpun berkurang. Subhanallah Sistem Limbik dalam tubuh manusia yang mengaturnya, tentunya dengan izin-Nya.
Sekarang sudah tahu kan, gimana caranya biar akifitas kita jadi menyenangkan. Belajar dari anak kecil yang selalu menikmai aktifitasnya.
Wallahu A‘lam bishowab
Dikuip dari berbagai sumber
By : Uun Triwahyudi
WaPres LENSA STAIN METRO

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRODUKSI MEDIA PENDIDIKAN BERUPA GAMBAR (NON ELEKTRONIK)

Komik Sebagai Media Pembelajaran 2

perbedaan زوجة (istri) dan امرأة (istri) dalam Al Qur’an