Bahasa ‘arab part 1 ~ Kenapa Umat Islam harus belajar bahasa ‘arab sampai kapanpun, dimanapun dan dalam keadaan apapun??!!~

By shinta mardhiah alhimjarry



kalau saya ditanya hal yang paling rumit ketika mempelajari sesuatu maka akan mudah saya menjawab, Bahasa ‘arab. Dulu dan sampai saat inipun ketika belajar dan mengajari bab tentang Mukzijatnya Al Qur’an maka kesimpulannya, saya masih bodoh belum bisa membuktikan ke-mukzijatan al Qur’an, sedangkan kemukzijatan Al Qur’an adalah dari segi gaya bahasanya yaitu bahasa ‘arab.
Awal mula sebelum ke arah sana (sedikit belajar, indahnya Al Qur’an akan mudah kita rasakan kalo kita belajar bahasa ‘arab)
pertama-tama kenapa Umat islam harus belajar bahasa ‘arab, saya tambahin sampai kapanpun dan dimanapun. Karena perlu kesabaran yang tidak ada batasnya untuk senantiasa belajar bahasa ‘arab.
kata seorang ‘alim, beliau mengatakan : jangan bilang susah belajar bahasa ‘arab sebelum mempelajari bahasa ‘arab selama 40 tahun.
Jadi umat islam dilarang berkata : bahasa ‘arab itu susah jk belum belajar selama 40 tahun, setelah 40 tahun sudah belajar bahasa ‘arab dan belum bisa2 maka boleh bilang “bahasa ‘arab itu susah”.
Beberapa Alasan kenapa Umat Islam harus belajar bahasa ‘arab
  1. karena Al Qur’an diturunkan dalam bahasa ‘arab
إنّا أنزلنه قر ءنا عر بيّا لعلكم تعقلون
Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.
Qs Yusuf : 2
bahasa ‘arab adalah bahasa islam (lughatul muslimin), agar bisa memaknai secara mendalam kenapa Al Qur’an diturunkan dalam bahasa ‘arab. Kuncinya hanya satu belajar bahasa ‘arab.
  1. Lughatul Takwin Syakhsiyyah “bahasa pembentuk karakter”
Memiliki kepribadian yang spesial, lurus dan baik. Sebagai contoh “nama” dalam islam sangat penting karena ia merupakan jati diri/identitas, atau bisa berupa do’a artinya ketika kita menyebut nama seseorang maka secara langsung kita pun turut mendo’akannya.
Sebagai contoh nama pena saya (maaf ya narsis dikit :D ): Firdaus Al haafidhah. firdaus adalah nama sebuah surga ketika antum semua menyebut nama saya berarti anda telah mendo’akan saya semoga dengan RidhaNya bisa masuk ke jannahNya :) *panjang pisan.. Al haafidhah adalah isim muanntas/perempuan untuk sebutan penghafal Qur’an.
mudah-mudahan bisa menjadi penghafal Qur’an sebagai mana sabda Nabi : خيركم تعلم لقر ءنا و علمه
Teman-teman pernah mendengar nama tau punya teman yang namanya “Apip”?? kata ini memiliki akar kata dari ‘iffah artinya menahan diri. Cuman di kesundain jd Apip, kalau orang betawi jd ipeh :D . orang tua kita sangat kreatif ternyata. Tapi maknya jadi tidak ada, ‘iffah memiliki makna menjaga kehormatan diri. Kehormatan disini sangat erat hubungannya dengan ‘izzah / kemuliaan. Artinya seseorang yang dia senantiasa menjaga kehormatannya maka kemuliaan akan ia raih di sisi Allah ‘azza wa jalla , Rasul Saw dan umat islam. Kalu berubah jd ipeh, apip.. mmm yah ga da maknanya.
    3. Khasanah2 ‘ilm Islam berasal dari bahasa ‘arab
Saya salah satu penggemar situs ‘arab klasik, disana saya banyak mendapati tsaqafah2 islam yang banyak bersumber dari bahasa ‘arab. Kitab abu al Aswad rah. ‘alim fuqaha pencetus ‘ilm nahwu wa sharaf belum ada terjemahannya kedalam bahasa indonesia. Sedangkan ‘ulama diseluruh dunia ketika akan buat tulisan atau buku seputar ‘ilm nahwu pasti merujuk ke kitab beliau.
    4. Bahasa ‘arab adalah bahasa paling masa depan
Lughah jannah, bahasa surga.
Karakter bahasa ‘arab
  1. Suhulah / mudah
  2. Jamilah / indah
kita akan merasakan indahnya Al Qur’an, dan kenapa Al Qur’an itu diturunkan dalam bahasa ‘arab jika kita belajar bahasa ‘arab. ( di tulisan berikutnya Insya Allah.. )
    3. Fatharah / Cerdas 4. wasi’ah / luas maknanya banyak

i’tadzara / bersambung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRODUKSI MEDIA PENDIDIKAN BERUPA GAMBAR (NON ELEKTRONIK)

Komik Sebagai Media Pembelajaran 2

perbedaan زوجة (istri) dan امرأة (istri) dalam Al Qur’an